5 Hal Ini Penyebab Rambut Tetap Berminyak Walau Sudah Keramas

 

Memiliki rambut yang indah, berkilau, dan tebal adalah impian setiap perempuan. Lalu bagaimana dengan kamu si pemilik rambut berminyak? Ya sebenarnya minyak pada kulit kepala bisa membuat rambut tampak berkilau, tapi bagaimana jika minyak yang dihasilkan berlebihan? yang ada rambut akan terlihat lepek, mudah kotor, bahkan mengeluarkan bau tidak sedap. Nah sebelum kamu mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya kamu tau dulu apa sih penyebab dari rambut berminyak itu. Untuk cari tau penyebabnya, baca terus artikel ini sampai akhir ya!

1. Faktor genetik

Penyebab pertama yang paling mungkin terjadi adalah karena faktor genetik. Kamu bisa menanyakan pada ayah atau ibu mu bagaimana kondisi rambut mereka. Jika kedua orang tua mu memiliki rambut berminyak, kamu juga berpotensi besar untuk memiliki rambut berminyak.

Baca Juga : 5 Tanda Kamu Harus Mengganti Brush Makeup

2. Hormon

Selain faktor genetik, ternyata hormon juga ikut berperan terhadap produksi minyak pada kulit dan rambut lho! Ketika hormon sedang tinggi, dapat memicu kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak. Salah satu hormon yang dapat mempengaruh produksi minyak berlebih di kulit kepala yaitu hormon androgen.

3. Penataan rambut yang kurang tepat

Penataan rambut yang kurang ternyata dapat menyebabkan rambut berminyak lho. Penataan rambut seperti apa sih yang bikin rambut berminyak? Contohnya kalau kamu terlalu sering mengikat rambut, terlebih dengan gaya kuncir kuda. Hal tersebut akan membuat sebum menumpuk di bawah rambut dan akarnya. Saat kamu menata rambut, penggunaan alat yang kotor dapat membuat tumpukan kotoran pada alat berpindah saat kamu menggunakannya dan membuat rambut semakin cepat lepek. Oh iya, jika rambutmu tipis dan sangat mudah lepek, kamu bisa elakuan blow dry atau mengeringkan rambut dengan hair dryerr.

Baca Juga : Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Wajah

4. Kebiasaan

Kebiasaan membelai rambut menggunakan tangan juga dapat mengakibatkan rambut berminyak, lho. Pasalnya, tangan merupakan bagian tubuh yg gampang kotor lantaran tak jarang dipakai untuk menyentuh apa saja. Jika kamu baru saja memegang makanan atau sesuatu yg berminyak, kemudian kamu membelai rambut, nggak heran rambut jadi kotor & berminyak. Jadi, biasakan untuk tidak  menyentuh rambut menggunakan tangan. Atau kamu dapat membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh rambut.

5. Produk perawatan rambut yang kurang tepat

Apakah kamu baru saja ganti shampoo? Atau shampoo-mu nggak sesuai dengan kondisi rambutmu? Terkadang tanda bahwa suatu produk shampoo nggak cocok dalam rambutmu bukan hanya ketombe atau  rasa gatal pada kulit kepala. Biasanya, shampoo yg kurang melembapkan & kulit kepala bisa menciptakan kulit berkompensasi terhadap kekeringan tersebut, kulit kepala jadi menghasilkan minyak berlebih. Oleh karena itu, kamu perlu pemilihan shampoo yang tepat untuk rambut. Pastikan pula conditioner yg kamu pakai bisa sesuai dengan shampoo pilihanmu.


Jadi itu dia penyebab rambut berminyak walau sudah  keramas. Gimana dari tanda diatas ada yang sedang atau pernah mengalaminya tidak? Ceritakan pengalman mu di kolom komentar ya!


Penulis : Talitha Putik

Foto    : Freepik.com

0 comments