5 Tanda Kamu Harus Mengganti Brush Makeup

 


Kuas makeup menjadi hal penting yang kamu gunakan dalam merias wajah. Akibatnya, kotoran sisa-sisa produk pun ikut menempel pada kuas. Hal tersebut bisa menimbulkan berbagai permasalahan kulit. Sama seperti produk makeup lainnya, kuas juga memiliki batas waktu pemakaian. Jika produk makeup memiliki tanggal kedaluwarsa, lain halnya dengan kuas yang tidak memiliki tanggal pasti kapan harus diganti. Oleh karena itu kamu harus tau tanda-tandanya kapan harus mengganti kuas makeup-mu. Mau tau apa saja tandanya? Yuk simak di bawah ini.

1. Banyak yang rontok



Jika bulu kuasmu sudah mulai rontok terus menerus, itu tanda bahwa brush perlu diganti. Bulu yang mulai berjatuhan dari gagangnya menandakan bahwa lem sudah tidak mampu merekat lagi pada bulu. Kalau kamu tetap menggunakan brush tersebut, bulunya akan menempel pada wajah saat menggunakan makeup. Alhasil, makeup-mu nggak sempurna. Nah, nggak mau kan kalau brush malah merusak makeup-mu?

2. Makeup tidak mencampur dengan baik



Kuas yang sudah tidak layak pakai akan sulit membaur dengan produk makeup. Jika kamu merasakan kalau produk makeup yang digunakan susah di-blend, bisa jadi itu karena brush yang kamu pakai sudah kedaluwarsa. So, sudah saatnya untuk kamu ganti brush lamamu dengan yang baru.

3. Mengalami perubahan bentuk dan terasa kasar



Kuas yang digunakan setiap hari dapat menyebabkan bentuk bristles  berubah dan tidak sama dengan bentuk saat kamu beli. Hal tersebut disebabkan oleh tekanan pada brush ketika kamu gunakan. Kuas yang baik adalah ketika kamu cuci, bristles dapat kembali kebentuk aslinya. Kuas yang sudah tak layak pakai juga cenderung kaku dan terasa kasar ketika digunakan. Jika kamu mendapati bentuknya berubah jauh dari bentuk aslinya dan terasa kasar itu tanda kalau kamu harus segera menggantinya.

4. Sulit untuk dibersihkan



Setelah digunakan, sisa produk makeup pasti akan menempel pada kuas. Wajarnya mencuci kuas itu dua minggu sekali jika sering digunakan, tapi jika jarang digunakan kamu bisa mencuci kuas sebulan sekali. Apabila setelah dicuci residu makeup masih menempel pada kuas itu tandanya kuasmu sudah nggak layak pakai. Kalau dibiarkan, kuas tersebut dapat menyebabkan jerawat, kamu nggak mau kan?

5. Aroma kuas berubah



Umumnya kuas baru tidak memiliki aroma yang spesifik. Setelah dibersihkan, akan ada kemungkinan kuas jadi memiliki aroma. Aroma itu didapatkan dari sabun yang digunakan. Tapi jika kamu mencium aroma tidak sedap, bisa jadi kuas sudah tercemar oleh jamur. Kalau sudah begitu segera ganti kuasmu dengan yang baru ya!

 

Jadi, itu dia kapan waktu yang tepat untuk kamu mengganti kuas makeup-mu. Sekarang waktunya kamu untuk cek kembali kondisi kuas makeup-mu. Jika ada salah satu tanda di atas, segera ganti kuasmu ya!

Penulis : Talitha Putik

Foto : Freepik.com, Dok.DiaryGimale/Talitha Putik

0 comments