Masih Bingung Memilih Warna Lipstik? Ini Dia Caranya!

Lipstik menjadi salah satu beauty item must have, karena hanya dengan menggunakan lipstik penampilan bisa menjadi lebih menarik. Saat ini semakin banyak brand kecantikan yang mengeluarkan berbagai warna lipstik, mulai dari earth tone, nude, hingga bold. Karena semakin banyak warna lipstik yang dikeluarkan, akan semakin bingung pula kamu dalam memilihnya. Jika salah dalam memilih warna, bisa jadi wajahmu akan terlihat kusam, dan kurang menarik. Makanya, menentukan warna lipstik itu susah-susah gampang. Nah, buat yang belum tau bagaimana cara memilih warna lipstik yang tepat, yuk kita simak artikel ini sampai habis ya!

1. Mengetahui undertone

Wajib untuk kamu mengetahui warna undertone kulit. selain memudahkan kamu dalam memilih base makeup, mengetahui undertone kulit juga memudahkanmu dalam memilih warna lipstik. Cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan mengamati warna pembuluh darah di bawah sinar matahari.

 Jika pembuluh darah mu berwarna hijau, itu tandanya warm undertone (kuning). Warna lipstik yang cocok untuk undertone ini adalah warna merah, dan orange.

Jika warnanya di dominasi oleh ungu atau biru berarti cool undertone (merah muda). Warna undertone ini cocok dengan lipstik berwarna pink, merah, ungu muda, dan plum.

Sedangkan jika pembuluh darahmu berwarna hijau atau biru, artinya kamu neutral undertone (netral). Orang yang memiliki undertone ini hampir cocok dengan semua warna seperti nude, pink, soft pink, orange, bahkan dark red.

Baca Juga : 5 Hal Ini Penyebab Rambut Tetap Berminyak Walau Sudah Keramas

2. Mengenal skin tone

Skin tone adalah hal yang paling mudah dilihat perbedaannya. Di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali jenis skin tone, mulai dari putih gading, kuning langsat, dan juga sawo matang. Untuk putih gading (fair skin tone) memiliki warna kulit yang terang tapi cenderung pucat. Pemilik skin tone ini lebih cocok menggunakan lipstik berwarna apapun.

Kuning langsat (medium skin tone), adalah warna kulit yang berada diantara terang dan gelap. Kebanyakan perempuan indonesia memiliki skin tone jenis ini. Warna lipstik yang cocok untuk medium skin tone adalah warna merah dengan sedikit hint pink, atau warna merah bata

Sedangkan pemilik warna kulit sawo matang (deep skin tone) harus sedikit berhati-hati dalam memilih warna lipstik. Pasalnya kalau salah pilih bisa membuat wajah tampak kusam atau pucat. Warna yang disarankan adalah warna nude dengan hint coklat muda, pink, coral atau bisa juga warna gelap seperti maroon, burgundy, atau cokelat tua.

Baca Juga : Nyobain Pyungkang Yul Moisture Serum Selama Sebulan

3. Sesuaikan dengan bentuk bibir

Ternyata bentuk bibir juga harus diperhatikan lho dalam memilih lipstik. Pasalnya pemilik bibir tipis kurang cocok jika harus menggunakan warna gelap seperti merah maroon, ungu tua, coklat tua dan warna gelap lainnya. Sedangkan, untuk pemilik bibir tebal, ada baiknya untuk hindari warna-warna yang terlalu terang seperti pink, orange, nude dan warna terang lainnya. Selain itu, pemilik bibir tebal juga harus menghindari teksur lipstik yang glossy dan glittery.

Itu dia cara mudah memilih warna lipstik yang cocok untuk kamu. Jadi sekarang udah nggak bingung lagi kan, dalam memilih lipstik? Komentar di bawah ya kira-kira kamu cocok warna apa saja!


Penulis    : Talitha Putik

Foto       : Instagram @dearmebeauty, @blpbeauty, Beautylish.com, Freepik.com

0 comments