Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Wajah

 

Setiap orang pasti ingin wajahnya bersih dan terhindar dari jerawat. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan timbulnya jerawat diantaranya dari produksi sebum atau miyak berlebih pada wajah, pola hidup yang tidak sehat, hormon, bahkan karena membersihkan wajah dari makeup yang kurang bersih. Ada tips nih bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat pada wajah. Mau tau apa saja? Yuk simak dibawah ini.

1. Double Cleansing

Menggunakan facial wash saja tidak cukup untuk membersihkan wajah dari debu,kotoran,minyak berlebih dan sisa-sisa makeup pada wajah. Jika hal tersebut masih tersisa pada wajah kita maka efeknya akan membuat pori-pori di wajah menjadi tersumbat yang bisa mengakibatkan timbulnya jerawat. Maka dari itu kita harus melakukan double celansing setiap hari. Double cleansing dilakukan untuk membersihkan wajah dari makeup, debu dan kotoran akibat beraktifitas seharian. Walaupun di rumah saja kita harus tetap double cleansing  karena wajah kita tetap terkena debu dan kotoran. Double cleansing adalah membersihkan wajah dengan 2 tahapan dan dengan produk cleansing yang berbeda. Tahapan pertama yaitu anda bisa membersihkan wajah menggunakan cleansing yang berbahan dasar oil, balm dan susu pembersih. Saya tidak menyarankan anda double cleansing menggunakan miceller water karena miceller water tidak cukup untuk dijadikan sebagai step awal double cleansing karena kurang untuk membersihkan wajah. Tahapan kedua yaitu anda bisa membersihkan wajah menggunakan facial wash. Di step ini anda bisa menggunakan facial wash favorite kalian.

2. Mengekfoliasi Wajah

Jerawat timbul akibat debu, kotoran dan sel-sel kulit mati yang menumpuk yang membuat pori-pori wajah menjadi tersumbat. Maka dari itu kita perlu melakukan eksfoliasi pada wajah supaya pori-pori menjadi bersih dan terhindar dari jerawat. Ada 2 jenis eksfoliasi yaitu chemical dan physical. Chemical eksfoliasi yaitu anda bisa menggunakan produk dengan kandungan AHA/BHA yang terdapat pada skincare seperti toner, serum dan pelembab. Sedangkan, physical eksfoliasi yaitu anda bisa menggunakan produk yang berbahan dasar scrub. Disarankan untuk melakukan eksfoliasi 2 kali dalam seminggu dan bagi kulit wajah yang sensitif tidak disarankan menggunakan scrub.

3. Maskeran Menggunakan Clay Mask

Jerawat bisa timbul karena sebum atau minyak berlebih pada wajah yang menyumbat pori-pori, maka dari itu kita harus membersihkan pori-pori wajah dengan cara rajin maskeran menggunakan clay mask. Clay mask berfungsi untuk mengangkat sebum atau minyak berlebih pada wajah dan efektif untuk membersihkan kotoran pada pori-pori wajah yang mengakibatkan timbulnya jerawat. Disarankan untuk menggunakan clay mask 2 kali dalam seminggu dan digunakan selama 10-15 menit.

4. Banyak Minum Air Putih dan Menjaga Pola Makan

Jika anda memiliki jerawat atau beruntusan pada dahi, maka itu artinya anda kurang minum air putih. Penyebab timbulnya jerawat bisa karena kulit yang dehidrasi, hal tersebut bisa memicu produksi minyak berlebih pada wajah yang menyebabkan timbulnya jerawat. Dengan banyak minum air putih anda bisa meningkatkan hidrasi pada kulit. Selain itu, sering makan-makanan yang berminyak, manis dan sering mengkonsumsi minuman yang manis juga bisa memacu timbulnya jerawat. Oleh karena itu kita harus menjaga pola makan yang baik supaya terhindar dari timbulnya jerawat.

5. Perbaiki Pola Tidur dan Hindari Stres

Pola tidur yang tidak cukup atau sering begadang bisa menimbulkan jerawat. Waktu yang disarankan untuk tidur adalah sekitar tujuh jam. Disarankan untuk tidur dibawah pukul 11 malam karena pada pukul 11 malam keatas adalah waktu hormon kortisol (stres) meningkat. Pelepasan hormon kortisol ini membuat kelenjar minyak aktif dan produksinya meningkat yang bisa memicu timbulnya jerawat.

6. Sering Mengganti Handuk dan Sarung Bantal

Tanpa kita sadari handuk yang biasa dipakai untuk badan dan sarung bantal juga bisa memicu timbulnya jerawat karena pada handuk dan sarung bantal terdapat banyak kuman dan kotoran. Sebaiknya pisahkan handung wajah dengan handuk badan supaya terjaga kebersihannya dan sebaiknya sering mengganti sarung bantal minimal 2 minggu sekali supaya tetap terjaga kebersihannya.

Nah, itu dia tips untuk menghindari timbulnya jerawat. Selain tips di atas, kita juga harus rajin menggunakan skincare setiap harinya. Apakah kamu sudah melakukan tips tersebut? Tulis di kolom komentar ya!


Penulis : Annisa Zalfa Salsabila/Diarygimale

Foto : Freepik.com

0 comments