Manfaat Niacinamide yang Harus Kamu Tau!

Niacinamide adalah salah satu bahan yang sering ditemukan dalam produk perawatan wajah. Banyak perempuan yang mencari produk skincare dengan bahan Niacinamide ini. Tapi kamu tau ga sih sebenernya Niacinamide itu apa dan apa saja manfaatnya?

Niacinamide atau yang biasa dikenal juga sebagai vitamin B3, dan Nicotinamide adalah bahan yang dapat mendorong komunikasi antar sel sehingga memberikan banyak manfaat untuk kulit yang mulai menua. Niacinamide juga merupakan salah satu vitamin yang dapat larut dalam air.  Tak heran, kandungan ini semakin mudah ditemukan dalam produk skincare seperti face wash, toner, essence, serum, hingga moisturizer. Nah, sebelum kamu memasukan skincare berbahan Niacinamide ke dalam rangkaian skincare, ada baiknya untuk mengetahui manfaat dari Niacinamade terlebih dahulu. Ini dia manfaat Niacinamide untuk kulit yang harus kamu ketahui.

1. Menghidrasi kulit

Kulit yang sehat berasal dari lipid barrier yang baik. Lapisan ini bermanfaat untuk menahan kelembapan sehingga kulit terhidrasi untuk waktu lama. Memasukan Niacinamide ke dalam rangkaian skincare-mu dapat memperkuat lipid barrier sehingga mencegah terjadinya Trans Epidermal Water Loss (TEWL). Proses ini yang akan menghilangkan air secara alami akibat penguapan yang berlebihan.

2. Mengontrol produksi minyak

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa Niacinamide mampu memperbaiki kelenjar lipid, jadi selain dapat menghidrasi kulit, kandungan ini juga dapat mengontrol produksi minyak pada wajahmu. Hal itu juga yang dapat mencegah tumbuhnya jerawat. Nah buat kamu yang memiliki kulit berminyak, kamu bisa loh mencoba produk skincare dengan kandungan Niacinamide.

Baca Juga : Apa Sih Perbedaan AHA, BHA, dan PHA Dalam Produk Skincare?

3. Meningkatkan imunitas kulit

Paparan sinar matahari dipercaya bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit. Kulit memiliki sel bernama langerhans yang berfungsi untuk melindungi dirinya. Namun ketika kulit terkena paparan sinar matahari, sel ini akan menghilang sementara dan meninggalkan kulit tanpa perlindungan. Dengan memakai Niacinamide, imunitas kulit akan semakin kuat. pasalnya kandungan ini bisa menambah kemampuan anti-inflamasi kulit.

4. Mengatasi hiperpigmentasi

Niacinamide juga cocok banget untuk kamu yang memiliki masalah kulit belang atau bekas jerawat yang sulit hilang. Karena Niacinamide bermanfaat untuk memperlambat proses perpindahan melanin pada epidermis akibat sinar UV. Sehingga resiko pembentukan hiperpigmentasi pun akan berkurang, kulit dan wajah mu akan kembali cerah secara merata.

Baca Juga : Review Fresh Herb Origin Serum

5. Mengatasi tanda penuaan pada kulit

Jika kamu memasukan kandungan Niacinamide ke dalam rangkaian skincare-mu, makan akan menjadikan permukaan dan tekstur kulit menjadi lebih halus, garis halus dan keriput pun akan tersamarkan. Karena Niacinamide dapat mendorong produksi kolagen dan terbentuknya elastin baru pada kulit.

So, itu dia manfaat Niacinamide yang harus kamu tau. Oh iya Niacinamide ini tuh unik loh, karena Niacinamide bisa digunakan bersamaan dengan berbagai produk perawatan kulit lainnya seperti Retinol, Hyaluronic Acid, AHA, BHA, Vitamin C dan masih banyak lainnya.

Kamu juga dapat menggunakan berbagai produk yang mengandung niacinamide dalam rutinitas harianmu dan ia tetap tidak memnyebabkan kulit menjadi sensitif.

Gimana, sudah tau  kan sekarang? Komen di bawah ya kalau kamu sudah merasakan manfaat dari Niacinamide!

Baca Juga : Memiliki Banyak Manfaat, Ini Dia 10 Skincare Dengan Kandungan Bunga Mawar



Penulis    : Talitha Putik

Foto        : Freepik.com

0 comments