Apa Bedanya Purging dengan Breakout?

Merawat kulit wajah adalah kewajiban setiap manusia, bukan hanya wanita saja yang harus merawat kulit wajahnya tetapi pria juga harus merawat kulit wajahnya. Biasanya, kita merawat kulit wajah dengan cara menggunakan produk-produk skincare yang beredar dipasaran. Supaya manfaat dari produk skincare terlihat bagus pada kulit wajah, kita harus pula menemukan produk skincare yang cocok pada kulit wajah kita. Sebelum menemukan produk skincare yang cocok, sering kali kita harus mencoba-coba produk skincare yang mengakibatkan munculnya reaksi pada kulit wajah kita. Salah satu reaksi yang timbul yaitu jerawat, tetapi kita tidak tau reaksi tersebut adalah jerawat purging atau jerawat breakout. Bagaimana cara membedakan keduanya? Yuk simak perbedaannya di bawah ini :

Purging


Purging merupakan reaksi adaptasi yang terjadi di kulit wajah pada saat menggunakan skincare yang mengandung zat pengelupasan atau exfoliasi, kandungan tersebut yang meningkatkan tingkat pergantian sel kulit pada wajah. Pergantian sel kulit akan mengangkat kelebihan sebum, penumpukan kotoran yang menyumbat pori-pori, dan berbagai jenis jerawat dan bruntusan, sehingga wajah menjadi sehat dan bersih. Kandungan pada produk skincare yang bisa menimbulkan purging yaitu Vitamin A (Retinol, tretinoin, dll), AHA/BHA/PHA, Vitamin C dan Benzoyl peroxide. Biasanya purging muncul di area yang biasa timbul jerawat pada wajah. Selain menimbulkan jerawat, purging juga bisa menimbulkan whiteheads dan blackheads pada wajah yang berlangsung selama 1-2 bulan lamanya. Biasanya purging akan hilang dengan sendirinya tanpa kamu sadari, tetapi jika selama 1-2 bulan jerawat itu tidak hilang dan bahkan jerawat menjadi meradang maka lebih baik stop penggunaan produk skincare tersebut dan itu tandanya anda breakout atau tidak cocok dengan produk skincare tersebut. Selain itu, jika kulit wajah anda menimbulkan reaksi seperti pengelupasan kulit, kulit terasa perih, dan kulit wajah memerah seperti kepiting rebus itu artinya kulit anda iritasi yang disebabkan karena anda over-exfoliated. Cara mengatasi purging pada wajah yaitu dengan cara tetap menggunakan basic skincare yaitu facial wash,moisturizer dan sunscreen, kemudian anda harus tetap sabar dan jangan cemas karena purging ini adalah bagian dari proses perbaikan kulit supaya kulit menjadi lebih bersih dan sehat.

Breakout


Breakout merupakan iritasi pada kulit wajah karena kulit wajah yang tidak cocok dengan kandungan pada skincare yang digunakan. Biasanya jerawat breakout muncul di area mana saja yang diolesi oleh produk skincare dan bisa muncul di daerah yang biasanya tidak pernah muncul jerawat pada wajah. Kandungan produk skincare yang bisa memicu timbulnya breakout diantaranya Parfum, Coconut oil, Surfaktan kuat, Hidrokuinon, Merkuri, dll, dan memang ada sebagian orang yang cocok dengan kandungan tersebut tetapi banyak juga sebagian orang yang tidak cocok dengan kandungan tersebut. Breakout ini berlangsung selama produk skincare tersebut masih digunakan yang memicu jerawat breakout itu akan terus timbul pada kulit wajah. Cara mengatasi kulit yang sedang breakout yaitu hentikan pemakaian produk skincare yang membuat kulit anda menjadi iritasi, selalu perhatikan kandungan pada skincare sebelum digunakan yang kiranya bisa menyebabkan kulit wajah menjadi breakout, tetap menggunakan basic skincare yaitu facial wash,moisturizer dan sunscreen, jangan langsung menggunakan produk yang berfokus untuk menyembuhkan jerawat karena biasanya produk tersebut membuat kulit wajah menjadi kering dan sebaiknya menggunakan produk skincare yang memberikan efek shooting,calming dan melembabkan kulit. Untuk menghindari breakout, kita harus bisa mengenali kulit wajah kita sendiri supaya kita bisa lebih tau dan kita bisa menghindari produk skincare yang sekiranya tidak cocok untuk kulit kita.

Jadi itulah perbedaan purging dengan breakout, sudah tau kan perbedaanya? Sebaiknya kita memang harus bisa mengenali kondisi kulit kita sendiri supaya kita bisa mengetahui perbedaan purging dan breakout pada kulit wajah kita sendiri pada saat mencoba menggunakan produk skincare yang baru.


Penulis : Annisa Zalfa Salsabila/Diarygimale

Foto : Freepik.com

0 comments