Cegah Perselingkuhan, Berikut Tanda-Tanda Pasanganmu Bosan

Pasangan yang bosan/freepik @jcomp

Di dalam sebuah hubungan rasa bosan merupakan hal yang wajar. Apapun hubungannya pasti pernah mengalaminya. Namun, rasa bosan bukan alasan untuk pergi meninggalkan apalagi sampai terjadi perselingkuhan. Mencari yang lain, bukanlah solusi untuk menghilangkan rasa bosan. Oleh karena itu, mengenali tanda-tanda ini bukan hanya langkah untuk mencegah perselingkuhan, tetapi juga membantu kita memahami perubahan dalam dinamika hubungan dan dapat menghidupkan kembali gairah dan kedekatan dalam hubunganmu. Apa saja tanda-tanda bahwa pasanganmu bosan? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

1. Komunikasi yang menurun

Pentingnya komunikasi dalam hubungan memang tak dapat disangkal. Jika pasangan kamu mulai menunjukkan kurangnya keterlibatan dalam berkomunikasi, itu bisa menjadi petunjuk bahwa mereka mungkin merasa bosan. Jika sebelumnya mereka aktif berbagi pemikiran, perasaan, dan pengalaman, namun belakangan ini menjadi lebih tertutup, ini adalah sinyal untuk kamu lebih memperhatikan pasangan.

Cara mengatasinya, mulailah berdialog dengan makna, buka percakapan dengan pertanyaan terbuka, dan berikan perhatian aktif terhadap respons pasanganmu. Tunjukkan ketertarikan tulus terhadap kehidupan dan perasaan mereka, serta dorong mereka untuk berbagi pemikiran dan kekhawatiran dengan kamu. Tapi yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kamu memaksa pasangan untuk bercerita, ya!

2. Kurangnya waktu bersama

Menghabiskan waktu berkualitas bersama sangat penting untuk menjaga ikatan yang kuat. Jika kamu memperhatikan bahwa pasangan secara konsisten membuat alasan untuk menghindari menghabiskan waktu bersamamu atau tampaknya tidak tertarik dalam merencanakan kegiatan bersama, itu adalah sebuah tanda.

Cara mengatasinya, buatlah aktivitas yang menyenangkan dan menghibur yang bisa dinikmati bersama. Tunjukan semangatmu untuk berbagi waktu dan ciptakan sebuah momen yang berkesan. Cari tau minat masing-masing dan temukan kegiatan bersama atau hobi yang dapat ditempuh bersama-sama. Kamu juga bisa mencari kegiatan baru yang belum pernah dilakukan bersama sebelumnya. 

3. Keintiman berkurang

Untuk kamu yang sudah menikah, point ini bisa menjadi tanda-tanda bahwa pasanganmu merasa bosan. Keintiman disini maksudnya adalah keintiman fisik seperti berpelukan, bergandengan, berciuman atau bahkan seks. Jika kamu merasa kalau pasanganmu sudah jarang melakukan pelukan, bergandengan tangan, atau bahkan sering menolak untuk melakukan hubungan intim, itu bisa menjadi tanda-tandanya, lho!

Cara mengatasinya, Memulai keintiman dan berusaha untuk terhubung kembali pada tingkat fisik. Berkomunikasi secara terbuka tentang keinginanmu dan dengarkan juga kebutuhan pasanganmu. Terkadang, percakapan yang jujur dapat mengarah pada pemahaman yang lebih dalam tentang keinginan dan kekhawatiran satu sama lain.

4. Reaksi berlebihan

Pasangan yang merasa bosan mungkin menjadi lebih mudah kesal atau frustrasi di hadapanmu. Mereka mungkin membentak atas hal-hal sepele atau menjadi jauh ketika bersamamu. Kerap kali mereka membesar-besarkan masalah yang padahal itu bisa diselesaikan dengan komunikasi. Jika pasanganmu sudah terlihat tidak bisa mengontrol emosinya, kamu perlu mempertanyakannya. 

Cara mengatasinya, hadapi situasi dengan penuh ketenangan dan kesabaran. Berusaha untuk memahami penyebab kemarahan mereka dan menangani akar permasalahannya. Terkadang, tekanan dari luar atau masalah pribadi dapat memengaruhi suasana hati dan tingkah laku mereka.

Sebuah hubungan dapat melalui periode kebosanan atau kepuasan diri, tetapi mengenali tanda-tanda dan mengambil tindakan dapat membantumu dan pasanganmu mengatasi tantangan ini. Ingatlah bahwa mengatasi tanda-tanda ini membutuhkan komunikasi terbuka, empati, dan komitmen untuk meningkatkan koneksi. 

Penulis : Talitha Putik Arawanda

Foto : Freepik/jcomp


0 comments