5 Langkah Morning Skincare yang Bikin Wajah Glowing

Morning skincare/freepik.com

Memulai hari dengan kulit glowing, siapa sih yang nggak mau? Setiap perempuan pasti menginginkan kulit sehat dan glowing. Namun, kamu tau tidak, untuk mendapatkan kulit glowing bukan hanya menggunakan produk yang tepat saja, melainkan tahapannya pun harus tepat. Terkadang produk yang tepat dengan langkah yang salah, tetap bisa membuat kulitmu rusak, lho! Oleh karenanya, disini saya akan berbagi tips bagaimana langkah morning skincare yang tepat untuk mendapatkan kulit wajah yang glowing.

1. Bersihkan dengan air saja

Di pagi hari, saya biasanya hanya membersihkan wajah dengan air. Karena saya sudah melakukan double cleansing di malam hari. Sehingga, di pagi hari saya hanya perlu menghilangkan sisa skincare menggunakan micellar water, lalu dibilas menggunakan air. Cara ini juga bisa kamu lakukan, jika tipe kulitmu kering. 

Jika kamu ragu, coba gunakan konjac sponge, yaitu spons pengelupas lembut yang terbuat dari akar konjac. Sponge ini berfungsi mengangkat minyak hanya dengan membasahi produknya. Sehingga kamu tetap dapat membersihkan wajah walau dengan menggunakan air saja. 

2. Gunakan toner

Setelah pembersihan, saya menggunakan toner untuk mengembalikan pH kulit dan menambahkan air ke kulit saya. Ini juga membantu melembapkan kulit dan mempermudah penyerapan skincare setelahnya.  Kamu bisa gunakan toner dengan kandungan seperti hyaluronic acid, niacinamide, glycerin, dan ceramide yang dipercaya dapat melembapkan kulit.

3. Aplikasikan serum

aplikasikan serum/freepik.com

Langkah ini adalah opsional tergantung pada apakah kamu memilih untuk menggunakan perawatan atau tidak. Tahapan ini saya gunakan untuk perawatan ekstra, terlebih jika kulit saya sedang tidak baik-baik saja. Karena pada dasarnya, serum digunakan untuk memperbaiki titik kerusakan di kulitmu. Kamu bisa menggunakan produk dengan bahan aktif seperti niacinamide, vitamin C, atau salicylic acid. Untuk penggunaannya, biasanya saya lakukan setelah toner meresap sempurna. Lalu dilanjutkan dengan menggunakan moisturizer dan sunscreen.

4. Gunakan Pelembap

Tahapan selanjutnya kamu harus menggunakan pelembap. Pelembap berfungsi untuk mengunci kelembapan dari semua rangkaian skincare yang sudah kamu gunakan. Biasanya saya menggunakan pelembap dengan tekstur yang ringan di pagi hari seperti water cream atau gel. Karena tekstur yang ringat dapat membantu kamu menjalani hari dengan lebih nyaman.

5. Lindungi kulit dengan sunscreen

Tahapan terakhir dari rangkaian morning skincare yaitu penggunaan sunscreen. Penggunaan sunscreen ini sangat penting, karena sunscreen dapat melindungimu dari paparan sinar matahari. Tips dari saya, sebelum menggunakan sunscreen pastikan produk skincare sebelumnya sudah benar-benar meresap ke dalam kulit. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan skincare di bagian terluar kulit yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat!

Dengan mengikuti langkah-langkah morning skincare yang tepat, kita dapat meraih kulit wajah yang glowing dan sehat setiap harinya. Ingatlah bahwa pentingnya tidak hanya menggunakan produk yang sesuai, tetapi juga mengikuti langkah-langkah perawatan yang tepat untuk menghindari kerusakan kulit. Jadi, mari mulai hari dengan rutinitas skincare yang tepat dan nikmati hasilnya dengan kulit yang glowing dan terawat.


Penulis: Talitha Putik Arawanda

Foto : Freepik.com



0 comments