Menjaga kesehatan mental dengan melakukan self care ini di rumah!

Melakukan self care dirumah/freepik.com

Self care atau perawatan diri merupakan suatu langkah untuk menjaga kesehatan diri sendiri tanpa bantuan profesional. Tindakan perawatan ini sepenuhnya bergantung pada individu itu sendiri, dimulai dari diri mereka. Ketika dilakukan secara teratur, self care memiliki potensi untuk mengurangi tingkat stres dan kecemasan, sambil meningkatkan tingkat motivasi.

Ketika melakukan self care, ini berarti kamu sedang memperhatikan sinyal tubuh dan memberi waktu untuk diri sendiri. Bahkan tindakan self care yang sederhana sekalipun bisa membantu mengurangi tingkat stres secara keseluruhan, mengatasi kecemasan, dan menjadi pengingat bahwa kamu memiliki nilai untuk diperhatikan. Seiring berjalannya waktu, konsistensi dalam melakukan self care dapat meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi stres, serta meningkatkan motivasi untuk menghadapi aktivitas sehari-hari. 

Terdapat beragam kegiatan perawatan diri yang dapat dengan mudah dilakukan di rumah dan dijadikan sebagai kebiasaan sehari-hari. Berikut ini beberapa ide rutinitas self care yang bisa diimplementasikan di lingkungan rumah:

1. Tidur teratur

Kekurangan tidur bisa memberikan dampak negatif pada kesehatan tubuh dan kesehatan mental. Orang dewasa dianjurkan untuk mendapatkan tidur sebanyak 6-8 jam setiap malam agar mencapai kondisi kesehatan fisik dan mental yang optimal. Proses tidur memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat dan melakukan regenerasi. Selain tidur pada malam hari, tidur siang dapat berperan positif dalam menyegarkan tubuh dan meningkatkan tingkat konsentrasi.

Menurut Sleepfoundation.org, tidur siang memiliki potensi untuk meningkatkan mood, kinerja fisik, daya ingat, dan dapat mengurangi tingkat stres. Pilihlah lingkungan yang tenang dan nyaman untuk beristirahat sejenak.

Tidur siang dapat dilakukan dalam waktu singkat, sekitar 20-30 menit per hari, yang sudah cukup untuk memulihkan semangat dan performa tubuh. Tidur siang secara teratur juga dapat memberikan kesegaran pada otakmu, sehingga membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas kompleks dengan lebih baik.

2. Berolahraga

Olahraga di rumah/freepik.com

Semua orang menyadari dan sepakat bahwa berolahraga memiliki manfaat positif bagi kesehatan. Dengan dilakukan secara rutin setiap hari, olahraga  dapat mendukung kesehatan fisik dan mental, meningkatkan suasana hati, serta mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Kamu nggak perlu pergi ke gym untuk menjadikan olahraga sebagai kebiasaan harian.

Kamu cukup melakukan kegiatan sederhana seperti lari, berjalan-jalan di sekitar rumah, workout, atau mengikuti sesi yoga yang tersedia melalui media sosial. Yang paling penting adalah menemukan rutinitas olahraga yang sesuai dengan preferensi dan kondisimu, sehingga kamu dapat tetap termotivasi untuk melanjutkannya.

3. Membuat makanan favorit

Mendapatkan kebahagiaan pribadi bisa dirasakan saat berhasil menyajikan hidangan lezat untuk diri sendiri. Seluruh proses, mulai dari memilih menu, membeli bahan-bahan, hingga kegiatan di dapur, secara tak langsung meningkatkan konsentrasi dan perhatian terhadap diri sendiri.

Cobalah pengalaman baru dengan menciptakan variasi hidangan menarik yang belum pernah dicoba sebelumnya. Selain memberikan kesenangan, kegiatan memasak juga menjadi cara untuk mengekspresikan rasa peduli dan kasih sayang terhadap diri sendiri.

4. Lakukan perawatan tubuh

Tidak perlu mengunjungi klinik kecantikan untuk melakukan self care, karena kamu dapat melakukan perawatan tubuh di rumah untuk meningkatkan rasa percaya diri. Cobalah mandi menggunakan lulur atau aplikasikan masker wajah pada waktu-waktu tertentu. Lakukan perawatan ini secara rutin, minimal tiga kali seminggu. Hasilnya, kulit yang terlihat lebih cerah dan bersih akan memberikan dorongan positif terhadap self esteem kamu.

5. Lakukan hal yang kamu suka

menganyam di rumah/freepik.com

Setelah melewati hari yang penuh dengan pekerjaan, beri kesempatan tubuh untuk istirahat dan relaksasi dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Nikmatilah waktu santai dengan menonton film-film yang menarik atau menggeluti hobi kesukaan, seperti merawat tanaman, membuat kerajinan tangan atau membaca buku.

Inilah beberapa aktivitas perawatan diri yang dapat dilakukan di rumah. Tidak ada kegiatan yang dianggap paling baik, karena semua kegiatan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu masing-masing.

Selalu ingat, self care adalah kunci utama untuk menciptakan kebahagiaan dalam hidupmu. Oleh karena itu, lakukanlah hal-hal yang dapat meningkatkan kebahagiaan dirimu. Ingatlah bahwa kamu memiliki nilai dan berhak mendapatkan kebahagiaan.

Semoga berhasil! Semoga setiap hari menjadi lebih menyenangkan, kamu semakin mengenal diri sendiri dan tahun ini berjalan sesuai dengan harapanmu.


Penulis : Talitha Putik Arawanda
Foto : Freepik.com

0 comments