Kenali 5 Jenis Parfum, Mana yang Paling Tahan Lama?

 

Parfum menjadi barang wajib bagi sebagian orang, termasuk saya. Bagi saya aroma tubuh yang harum menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan diri. Namun, banyak yang belum tahu sebenarnya parfum memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan tingkat ketahanannya. Kesalahan yang paling sering dilakukan saat membeli parfum adalah hanya memperhatikan wanginya tanpa mengetahui jenisnya. Oleh karenanya kamu sering mengeluh kalau parfum mu tidak tahan lama. Nah, agar kamu tidak salah pilih lagi yuk kenali jenis-jenis parfum berikut ini.

1. Eau Fraiche

Diantara semua jenis parfum, Eau Fraiche adalah jenis parfum yang paling ringan. Kandungan minyak esensial nya hanya 1 persen  hingga 3 persen. Makanya ketahanan dari jenis parfum ini hanya kurang dari  1 jam saja. Walaupun kosentrasi wewangiannya rendah, Eau Fraiche tidak mengandung alkohol tinggi tapi lebih banyak mengandung air. Kalau dipasaran Eau Fraiche ini sama dengan body mist. Oh iya, mengingat wanginya yang hanya bertahan sebentar saja, pewangi jenis ini memiliki harga yang paling murah lho.

Baca Juga : Review Citra Pearly White UV Tone Up Lotion

2. Eau de Cologne

Eau de Cologne atau EDC adalah parfum yang memiliki konsentrasi aroma minyak esensial sebesar 3 sampai 5 persen. Jika Eau Fraiche lebih banyak kandungan air dari pada alkohol, berbada dengan Eau de Cologne yang lebih banyak mengandung alkohol. Karena jenis ini mengandung banyak alkohol, disarankan untuk kamu jangan langsung gunakan ke kulit, apalagi jika kamu pemiliki kulit sensitif. Ada dua macam cologne yaitu spray dan splash. Splash cologne biasanya dituang ke telapak tangan kemudian aplikasikan ke bagian yang ingin kamu gunakan. Untuk ketahanannya Eau de Cologne bisa bertahan selama 2 jam.

3. Eau de Toilette

Istilah Eau de Toilette berasal dari istilah perancis yaitu “Faire Sa Toilette” yang berarti bersiap-siap. Eau de Toilette juga biasa dikenal dengan sebutan EDT. Jenis parfum ini mengandung sekitar 5 hingga 15 persen minyak esensial. Umumnya parfum jenis ini akan bertahan di tubuh antara 3 hingga 4 jam. Karena kandungan minyak esensialnya cukup terbilang tinggi, kamu nggak perlu terlalu banyak menyemprotkannya ke tubuh.

Baca Juga : Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Wajah

4. Eau de Parfume

Eau de Parfum atau EDP adalah jenis parfum yang memiliki wangi kuat. Kosentrasi minyak esensial nya sebesar 15 persen sampai 20 persen. Untuk ketahanannya sendiri, Eau de Parfume mampu bertahan 4 sampai 7 jam. Cocok banget untuk kamu yang beraktivitas namun malas untuk membawa parfum lagi.

5. Parfume

Jenis parfum yang satu ini memiliki konsentrasi wewangian tertinggi. Karena jenis ini dikenal juga sebagai extrait de parfume atau parfum murni. Mengandung minyak esensial mulai dari 15 persen hingga 40 persen, namun sebagian besar konsentrasinya sebesar 20 persen hingga 30 persen. Karena memiliki konsentrasi yang besar, Parfume dapat bertahan hingga seharian. Harga yang dibanderol juga cenderung lebih mahal. Cara pemakaiannya pun sedikit berbeda, kamu cukup gunakan di titik-titik tertentu saja dan tidak usah digunakan di seluruh tubuh.

Baca Juga : 5 Hal Ini Penyebab Rambut Tetap Berminyak Walau Sudah Keramas

 

Nah, sekarang sudah tau kan jenis parfum apa yang bisa tahan lama? Kamu bisa menggunakan parfum sesuai dengan kebutuhan mu ya! Buat kamu yang sibuk beraktivitas seharian dan nggak sempat untuk retouch, kamu bisa menggunakan parfum berjenis Eau de Parfume atau Parfume. So, jangan salah pilih ya!


Penulis    : Talitha Putik

Foto        : instagram @hmns.id, @sahabatmarina, chanel.com

0 comments