10 Jenis Pewarna Bibir yang Bikin Kamu Makin Cantik

Lip products atau biasa dikenal dengan pewarna bibir merupakan salah satu makeup tool yang tak boleh terlupakan. Menggunakan makeup tanpa menggunakan pewarna bibir rasanya seperti “sayur tanpa garam”. Yup, bener banget pasti ada yang kurang, bahkan wajah bisa terlihat pucat. Tapi, apakah kamu tau, sebenarnya banyak loh jenis-jenis pewarna bibir itu?

Berbagai macam brand, mulai lokal hingga internasional, mereka berlomba-lomba untuk mengeluarkan berbagai macam jenis pewarna bibir terbaiknya untuk memikat hati para beauty enthusiastYa, kebanyakan orang pasti tahunya hanya lipstik saja. Padahal masih banyak produk pewarna bibir lainnya yang perlu diketahui dan bisa dijadikan pilihan. Agar kamu tidak keliru, yuk kenali jenis-jenis pewarna bibir tersebut dalam ulasan berikut ini.

1. Lipstik

Siapa yang nggak tahu dengan produk yang satu ini? Ya, lipstik merupakan salah satu pewarna bibir yang paling populer dikalangan beauty enthusiast mulai dari yang awam sampai yang profesional. Pewarna bibir yang satu ini terbuat dari wax, oil, emollient, dan pigmen pewarna. Lipstik sendiri memiliki berbagai jenis hasil akhir seperti, satin, matte, metalik dan glossy. Daya tahan lipstik pun beragam, mulai dari yang biasa hingga memiliki formula yang longlasting.

2. Lip Cream

Produk selanjutnya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, yaitu lip cream. Lip cream merupakan lipstik dalam bentuk cream. Hasil akhir yang didapatkan pun tidak jauh berbeda dari lipstik. Namun, daya tahan dari lip cream tersebut jauh lebih lama dari pada lipstik. Pewarna bibir jenis ini memiliki coverage paling tinggi diantara pewarna bibir yang lain. Ada beberapa lip cream yang terasa berat dan lengket jika di aplikasikan ke bibir.

Baca Juga : 5 Hal Ini Penyebab Rambut Tetap Berminyak Walau Sudah Keramas

3. Lip Gloss

Lip gloss memiliki kadar minyak yang lebih tinggi. Dengan formula yang lengket dan kental sehingga menghasilkan bibir yang berkilau dan bervolume. Ada beberapa lip gloss yang mengandung glitter juga untuk memberikan shimmering effect. Untuk kamu yang memiliki bibir hitam, tetapi tetap ingin menggunakan lip gloss juga bisa, lho! Caranya dengan mengaplikasikan lipstik terlebih dahulu sebelum menggunakan lip gloss.

4. Lip Tint

Pewarna bibir berbahan dasar air ini memiliki pigmentasi yang sheer sehingga cocok untuk para remaja yang ingin tampil fresh tetapi tetap natural. Karena itulah lip tint mudah menyerap dan terasa ringan di bibir. Variasi warna nya pun tidak beragam hanya merah,orange, dan pink saja. Namun sayangnya, ada kekurangan dari lip tint,yaitu tidak mengandung pelembab, sehingga bisa membuat bibir kamu terasa kering. Tak perlu khawatir, kamu masih bisa menggunakan lip tint ini dengan menggunakan lip blam terlebih dahulu, setelah itu barulah aplikasikan lip tint sesuai selera.

5. Lip Stain

Lip stain sendiri memiliki tekstur cair atau liquid, sehingga ketika diaplikasikan ke bibir lip stain ini mudah meresap. Karena itu juga lip stain ini dapat tahan lebih lama dari pada pewarna bibir yang lainnya. Sebenarnya lip stain ini mirip dengan lip tint tetapi bedanya terdapat di variasi warna yang dikeluarkan. Ada beberapa brand yang mengeluarkan lip stain dengan variasi mulai dari cokelat, nude, pink, hingga merah. Dengan kata lain lip stain ini berada di tengah – tengah antara lipstik dan lip tint.

Baca Juga : Review Sensatia Botanicals Green Tea & Tamarind Facial Scrub

6. Tint Balm

Produk pewarna bibir ini bisa dibilang cukup unik, kenapa? Karena tint balm ini tidak memiliki coverage sepenuh lip cream, tidak memiliki daya tahan yang lama seperti lip tint atau lip stain, tetapi tint balm ini dapat melembabkan bibir sekaligus memberikan warna natural pada bibir. Sebenarnya tint balm ini adalah lip balm yang diberikan pewarna. Maka dari itu tint balm ini cocok untuk kamu yang memiliki bibir kering tetapi tetap ingin terlihat fresh.

7. Lip Liner

Lip liner ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki bibir kecil tetapi ingin membuat bibir terlihat lebih besar. Kamu dapat membingkai bibir terlebih dahulu menggunakan lip liner ini. Sebenarnya lip liner ini sama seperti lipstik hanya saja bentuknya yang berbeda, yaitu menyerupai pensil. Penggunaan lip liner sebelum memakai lipstik juga dapat membuat hasil akhir pemakaian lipstik terlihat lebih rapi.

8. Lip Tatto

Pewarna bibir yang bertekstur gel ini memiliki cara pemakaian yang unik, yaitu dengan cara di aplikasikan ke bibir lalu di tunggu beberapa menit setelah terasa kering produk tersebut bisa di lepaskan dan warnanya akan melekat hingga seharian. Oh iya, proses ini juga dapat mengangkat sel kulit mati yang ada di bibir kamu lho!

Baca Juga : Masih Bingung Memilih Warna Lipstik? Ini Dia Caranya!

9. Lip Crayon

Sekarang ini banyak sekali brand lokal maupun international yang mengeluarkan lip product jenis lip crayon. Lip crayon ini merupakan perpaduan antara lipstik dan lip liner. Hasil akhir yang didapatkan pun beragam mulai dari matte hingga glossyKelebihan dari lip crayon sendiri, yaitu kandungan pelembabnya yang cukup tinggi. Jika kamu sudah memiliki lip crayon kamu tidak perlu memiliki lip liner lagi, karena lip crayon juga dapat membingkai bibir mu sekaligus mengisi bibir mu.

10. Lip Cushion

Mungkin kamu masih asing ya dengan produk yang satu ini? Tidak hanya foundation atau BB cream saja yang berbentuk cushion tetapi sekarang ada loh lip product yang berbentuk cushion, unik bukan? Ciri khas dari lip cushion ini adalah terdapat puff yang berfungsi untuk mengaplikasikan produknya. Dengan adanya lip cushion ini kamu dapat dengan mudah membuat gradasi pada bibir mu, sehingga sangat cocok untuk kamu yang suka membuat ombre ala Korea. Tidak hanya brand international saja yang sudah mengeluarkan lip product jenis ini. Nyatanya, brand lokal juga ada loh yang sudah mengeluarkan lip cushion seperti ini.

Jadi itu dia, 10 jenis pewarna bibir yang bikin kamu makin cantik. Nah karena banyak sekali brand lokal maupun international yang mengeluarkan jenis-jenis pewarna bibir, kamu para beauty enthusiast perlu memilih produk yang sesuai dengan yang kamu butuhkan. Pilih juga warna dan tekstur yang sesuai dengan bibir kamu. Selain itu, kamu juga perlu pastikan bahwa produk pewarna bibir yang kamu beli adalah asli


Penulis    : Talitha Putik

Foto        : instagram @diormakeup, @rimmellondonuk, @laneiged, @blpbeauty, @latulipecosmetiques_, @eminacosmetics, @makeoverid, freepik.com

0 comments